Survei LSI: Andre Rosiade Top of Mind Tertinggi Caleg DPR Dapil Sumbar I

Jakarta

Calon anggota DPR RI incumbent dari Partai Gerindra Andre Rosiade berpotensi kembali menjadi peraih suara tertinggi di Dapil Sumbar I pada Pemilu 2024. Hal itu tergambar dalam rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait peta elektoral jelang Pemilu 2024 di Sumbar.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan survei dilakukan dengan sampel sebanyak 800 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan margin of error ± 3.5% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling.

Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar I yang terdistribusi secara proporsional. Survei dilakukan 11 sampai 18 Januari 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Sumbar I terdiri dari Kota Padang, Mentawai, Pesisir Selatan (Pessel), Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Tanahdatar, Padangpanjang, Sijunjung, Sawahlunto dan Dharmasraya,” kata Djayadi Hanan dalam keterangan, Kamis (25/1/2024).

Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar mendapatkan angka tinggi dari hasil survei top of mind dengan pertanyaan, ‘Jika pemilihan anggota DPR RI dari daerah pemilihan sini dilaksanakan sekarang, siapa nama calon yang akan dipilih?’. Andre Rosiade muncul dengan angka 15,1%.

Jumlah itu meninggalkan semua caleg di Dapil Sumbar I baik dari internal Gerindra atau partai lain. Di tempat kedua ada incumbent DPR dari PAN Athari Gauthi Ardi yang mendapatkan 5,3%. Selanjutnya incumbent Lisda Hendrajoni (NasDem) 5,2%, Zigo Rolanda (Golkar) 3,6%, incumbent Suir Syam (Gerindra) 3,3%.

Selanjutnya, Zahra Mardiah Anwar (PDIP) 3,1%, Shadiq Pasadigoe (NasDem) 2,5%, incumbent Hermanto (PKS) 1,6%, incumbent Asli Chaidir (PAN) 1,5%, incumbent Darizal Basir (Demokrat) 0,7%. Incumbent Golkar Darul Siska tak terlihat dan tergabung pada lainnya 3% dan yang belum menjawab masih tinggi, 33,6 persen.

Dari survei tahu dan suka yang dilakukan LSI, Andre Rosiade tetap menjadi yang nomor satu. Andre diketahui sekitar 70,3% responden dan 80,3% menyukainya. Disusul Lisda Hendrajoni 29,4% (73,4), Athari Gauthi Ardi 28,8% (77,3), Suir Syam 23,1% (69,9).

Saat LSI melakukan survei terkait sosialisasi dan tatap muka, Andre juga tetap menjadi paling tinggi. LSI menanyakan, dalam satu bulan terakhir, siapa saja yang pernah ibu/bapak pernah lihat/baca gambar atau namanya melalui pertemuan umum/tatap muka/pertemuan secara langsung.

Andre Rosiade mendapatkan 14,4%, Athari Ghauthi 5,4%, Suir Syam 4,3%, Lisda Hendrajoni 3,6% dan Hermanto 2,3%. Artinya, Andre juga turun ke lapangan dan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Turun ke lapangannya Andre itu mampu memikat calon pemilih di Sumbar.

Kata Djayadi, dengan kontribusi Andre yang besar itu, membuat Gerindra juga terus bisa mempertahankan sebagai partai pemenang di Sumbar seperti 2019. Dari hasil survei simulasi surat suara, Dapil I saja, Partai Geriindra mendapat suara terbanyak, 26,5%.

Disusul NasDem 14,3%, PKS 10%, PAN 10%, Golkar 9,6%, PDIP 7,3%, Demokrat 3%, PKB 2,4%, PPP 2,3%, Ummat 0,4%, Perindo 0,2%, Hanura 0,1%, Gelora 0%, PBB 0%, Buruh 0%, PKN 0%, Garuda 0%, dan PSI 0%. Ada 13,9% yang belum tahu.

(rfs/gbr)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Lihat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *