Tangerang Mengaji jadi Wadah Penguatan Akhlaqul Karimah bagi Pelajar

Palapanews.com Program Tangerang mengaji menjadi benteng bagi generasi muda untuk menjaga akhlak serta moral ditengah perkembangan teknologi informasi saat ini.

Hal ini yang disampaikan Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin dihadapan pelajar SMP Negeri 2 Kota Tangerang, Selasa, 16 Januari 2024.

“Untuk itu, harus terus menggelorakan semangat Pelajar Tangerang Mengaji,” ujar Nurdin.

Nurdin menyampaikan, keberadaan Program Pelajar Tangerang Mengaji menjadi jembatan bagi generasi muda untuk lebih memahami agama lebih baik lagi dengan bimbingan dari guru yang juga mengerti dengan baik tentang agama.

“Bukan hanya siswa yang muslim, tapi siswa yang non muslim juga mendapat pendampingan dari guru atau tokoh agama masing – masing,” ucap Nurdin.

“Belajar agama harus didampingi dengan guru yang mengerti dan kompeten, sehingga dapat mengurangi belajar agama ke mbah google atau mpok tiktok,” ujarnya.

Nurdin menerangkan, Program Pelajar Tangerang Mengaji yang bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi anak – anak yang buta baca tulis Al-Quran dan dalam jangka panjang dapat mewujudkan visi Kota Tangerang yaitu Kota Akhlakul Karimah.

“Oleh karena itu, sejak dini mereka sudah dibentengi dengan bekal ilmu agama yang baik,” terangnya.

Program Pelajar Tangerang Mengaji, tambah Nurdin, terbagi dalam dua jenis kegiatan, di mana salah satunya kegiatan dilaksanakan sebelum jam pelajaran pertama dimulai pada Selasa pagi hingga Jumat pagi setiap harinya.

“Yang pagi mulai pukul 06.30 hingga 07.30 WIB sebelum pelajaran pertama, dan yang berupa ektrakurikuler, sepulang sekolah di hari Selasa dan Kamis,” tukas Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengungkapkan, program ini diterapkan secara merata di 620 sekolah di Kota Tangerang, baik negeri maupun swasta. Terinci, 419 tingkat SD yaitu 271 negeri dan 148 swasta serta 201 tingkat SMP yaitu 34 negeri dan 167 swasta di 13 Kecamatan.

“Secara pelaksanaanya serentak diawal jam sekolah, tentu ini akan beriringan dengan evaluasi dan penguatan secara terus menerus. Pastinya, program ini akan langsung dimulai atau diterapkan minggu depan,” ungkap Jamal.

Dikatakannya, dalam program ini pelajar akan ditanamkan pembelajaran baca tulis quran, tahfidz, aqidah, akhlak dan fiqih. “Harapannya, dari Kota Tangerang dapat meningkatkan angka kemampuan takhfidz di Provinsi Banten. Kota Tangerang harus mampu mencapai 100 persen baca tulis quran,” tegasnya.

Selain SMP Negeri 2, Pj Wali Kota juga meninjau pelaksanaan Program Pelajar Tangerang Mengaji di SD Negeri Tangerang 3 dan 6 serta SMP Negeri 1 Kota Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *